KARAKTERISTIK MASYARAKAT INFORMASI

MASYARAKAT INFORMASI


   Masyarakat pasti akan senantiasa mengalami perubahan agar dapat bertahan dengan seiringnya perkembangan zaman. Kemajuan sebuah negara dapat diukur dari majunya informasi dan teknologi dari negara tersebut. Namun apakah arti dari informasi itu sendiri? definisi informasi adalah sesuatu yang membuat pengetahuan kita berubah, memperkuat atau menemukan hubungan yang ada pada pengetahuan yang kita miliki.
Munculnya informasi dalam masyarakat menyebabkan masyarakat harus mengelola informasi. Bagaimana cara anggota masyarakat memperlakukan informasi, menghargai informasi, cara orang mencari informasi, dan bagaiman orang membutuhkan inforamasi memunculkan istilah masyarakat informasi. Dengan keterangan itu maka para pakar menyimpulkan bahwa masyarakat informasi itu adalah suatu masyarakat di mana kualitas hidup, prospek perubahan social, dan pembangunan ekonomi tergantung pada peningkatan dan pemanfaatan informasi. Dalam masyarakat seperti ini standar hidup, pola kerj, kesenangan, system pendidikan, dan pemasran barang-barang sangat

1. Ciri ciri Masyarakat Informasi

1. Terpaan Media Massa Dan Komunikasi Global
Media massa memberikan referensi dan mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat. Di dalam kehidupan sehari – hari seseorang sangat bergantung dengan media massa dan komunikasi global, 
Contoh setiap orang pada saat ini selalu mencari apa yang menjadi persoalannya di internet dan mencari informasi yang diinginkannya melalui internet
2. Kesadaran masyarakat akan informasi dan ketercukupan informasi
Kebutuhan informasi yang tidak apat dipisahkan dari masyarakat mendorong mereka untuk mencari informasi serta mencukupi informasi yang harus di ketahui. secara ekonomis, masyarakat mampu mengakses informasi karna mereka memiliki daya beli. Disamping itu teknologi komunikasi juga memberikan kemudahan masyarakat untuk mengakses informasi. informasi yang di butuhkan ada dan cukup karena mereka kuat .
3. Ketergantungan pada media massa
Tren menunjukan bahwa masyarakat sekarang mengalami NOMOPHOBIA ( No Mobile Phone Phobia ) dimana 2 dri 3 orang didunia takut hidup tanpa gadget mereka. Masyarakat saat ini justru sudah tidak peduli lagi dengan media massa dan sangat takut jika Handphonenya teritinggal dirumah saat dia ingin melakukan aktifitas di luar.

4. Informasi sebagai komoditas bernilai ekonomis
Masyarakat dicirikan oleh sebuah komoditasyang bisa di artikan bahwa informasi itu punya harga, karena itu masyarakat harus bisa mendatangkan keuntungan yang ekonomis.karena punya harga maka harus mendatangkan keuntungan ekonomis. Dalam hal ini ada satu ungkapan, "tidak ada informasi gratis". Artinya, untuk mendapatkan informasi, maka kita harus berani membayar. Era sekarang informasi ibaratkan barang-dagangan. Akibatnya, informasi itu menuntut setiap orang yang ingin mendapatkannya harus membayar
5. Mengakses informasi super highway ( berkecepatan tinggi )
Masyarakat sekarang dapat mengakses informasi dengan cepat dan dapat mengakses kebudayaan dari berbagai negara, diakses oleh siapapun dan dikirim oleh siapapun. Menurut John V.Pavlik, super highway adalah jaringan elektronik yang di hasilkan oleh teknologi komunikasi canggih menghasilkan berbagai bentuk informasi dari seluruh dunia. Informasi super highway memungkin seseorang berhubungan dengan seseorang di daerah atau di negara lain. 

2. Faktor Yang Mendorong Adanya Masyarakat Informasi

     Beberapa faktor yang mendorong terbentuknya masyarakat informasi seperti:
  1.   Dinamika informasi dan komunikasi
  2.   Perkembangan teknologi komputer
  3.   Perkembangan teknologi komunikasi
DAFTAR PUSTAKA

Nurudin.2017,  Perkembangan Teknologi Komunikasi




Komentar