MASYARAKAT INFORMASI
Munculnya informasi dalam masyarakat menyebabkan masyarakat harus mengelola informasi. Bagaimana cara anggota masyarakat memperlakukan informasi, menghargai informasi, cara orang mencari informasi, dan bagaiman orang membutuhkan inforamasi memunculkan istilah masyarakat informasi. Dengan keterangan itu maka para pakar menyimpulkan bahwa masyarakat informasi itu adalah suatu masyarakat di mana kualitas hidup, prospek perubahan social, dan pembangunan ekonomi tergantung pada peningkatan dan pemanfaatan informasi. Dalam masyarakat seperti ini standar hidup, pola kerj, kesenangan, system pendidikan, dan pemasran barang-barang sangat
1. Ciri ciri Masyarakat Informasi
1. Terpaan Media Massa Dan Komunikasi Global
Media massa memberikan referensi dan mempengaruhi sikap dan perilaku
masyarakat. Di dalam kehidupan sehari – hari seseorang sangat
bergantung dengan media massa dan komunikasi global,
Contoh setiap orang pada saat ini selalu mencari apa yang menjadi persoalannya di internet dan mencari informasi yang diinginkannya melalui internet
2. Kesadaran masyarakat akan informasi dan ketercukupan informasi
Kebutuhan informasi yang tidak apat dipisahkan dari masyarakat mendorong
mereka untuk mencari informasi serta mencukupi informasi yang harus di
ketahui. secara ekonomis, masyarakat mampu mengakses informasi karna
mereka memiliki daya beli. Disamping itu teknologi komunikasi juga
memberikan
kemudahan masyarakat untuk mengakses informasi. informasi yang di
butuhkan ada dan
cukup karena mereka kuat .
3. Ketergantungan pada media massa
Tren menunjukan bahwa masyarakat sekarang mengalami NOMOPHOBIA ( No
Mobile Phone Phobia ) dimana 2 dri 3 orang didunia takut hidup tanpa
gadget mereka. Masyarakat saat ini justru sudah tidak
peduli lagi dengan media massa dan sangat takut jika Handphonenya teritinggal dirumah saat dia ingin melakukan aktifitas di luar.
4. Informasi sebagai komoditas bernilai ekonomis
Masyarakat dicirikan oleh sebuah komoditasyang bisa di artikan
bahwa informasi itu punya harga, karena itu masyarakat harus bisa mendatangkan keuntungan
yang ekonomis.karena punya harga maka harus mendatangkan keuntungan ekonomis. Dalam
hal ini ada satu ungkapan, "tidak ada informasi gratis". Artinya, untuk
mendapatkan informasi, maka kita harus berani membayar. Era sekarang
informasi ibaratkan barang-dagangan. Akibatnya, informasi itu menuntut
setiap orang yang ingin mendapatkannya harus membayar
5. Mengakses informasi super highway ( berkecepatan tinggi )
Masyarakat sekarang dapat mengakses informasi dengan cepat dan dapat
mengakses kebudayaan dari berbagai negara, diakses oleh siapapun dan
dikirim oleh siapapun. Menurut John V.Pavlik, super highway adalah
jaringan elektronik
yang di hasilkan oleh teknologi komunikasi canggih menghasilkan berbagai
bentuk
informasi dari seluruh dunia. Informasi super highway memungkin
seseorang berhubungan
dengan seseorang di daerah atau di negara lain.
2. Faktor Yang Mendorong Adanya Masyarakat Informasi
Beberapa faktor yang mendorong terbentuknya
masyarakat informasi seperti:
- Dinamika informasi dan komunikasi
- Perkembangan teknologi komputer
- Perkembangan teknologi komunikasi
DAFTAR PUSTAKA
Nurudin.2017, Perkembangan Teknologi Komunikasi
Komentar
Posting Komentar