Definisi
Komunikasi Massa Menurut Para Ahli
Komunikasi
massa adalah studi ilmiah tentang media massa beserta pesan yang dihasilkan,
pembaca/pendengar penonton yang akan coba diraihnya, dan efeknya terhadap
mereka.
Definisi
komunikasi massa yang dikemukakan Michael W. Gamble dan Teri Kwal Gamble pada
tahun 1986 akan semakin memperjelas apa itu komunikasi massa. Menurut mereka
sesuatu bisa didefinisikan sebagai Komunikasi Massa jika mencakup hal-hal
sebagai berikut:
- Komunikator dalam komunikasi massa mengandalkan peralatan modern untuk menyebarkan atau memancarkan pesan secara cepat kepada khalayak yang luas dan tersebar. Pesan itu disebarkan melalui media modern pula antara lain surat kabar, majalah, televisi, film, atau gabungan di antara media tersebut.
- Komunikator dalam komunikasi massa dalam menyebarkan pesan-pesannya bermaksud mencoba berbagi pengertian dengan jutaan orang yang tidak saling kenal atau mengetahui satu sama lain. Anonimitas audience dalam komunikasi massa inilah yang membedakan pula dengan jenis komunikasi yang lain. Bahkan pengirim dan penerima pesan tidak saling mengenal satu sama lain.
- Pesan adalah milik publik. Artinya bahwa pesan ini bisa didapatkan dan diterima oleh banyak orang. Karena itu; diartikan milik publik
- Sebagai sumber, komunikator massa biasanya organisasi formal seperti jaringan, ikatan, atau perkumpulan. Dengan kata lain, komunikatomya tidak berasal dari seseorang, tetapi lembaga. Lembaga ini pun biasanya berorientasi pada keuntungan, bukan organisasi suka rela atau nirlaba,
- Komunikasi massa dikontrol oleh gatekeeper (penapis informasi). Artinya, pesan-pesan yang disebarkan atau dipancarkan dikontrol oleh sejumlah individu dalam lembaga tersebut sebelum disiarkan lewat media massa.
Ini
berbeda dengan komunikasi antarpribadi, kelompok atau publik di mana yang
mengontrol bukan sejumlah individu. Beberapa individu dalam komunikasi massa
itu ikut berperan dalam membatasi, memperluas pesan yang disiarkan. Contohnya
adalah seorang reporter, editor film, penjaga rubrik, dan lembaga sensor lain
dalam media itu bisa berfungsi sebagai gatekeeper.
- Umpan balik dalam komunikasi massa sifatnya tertunda. Kalau dalam jenis komunikasi lain, umpan balik bisa bersifat langsung. Misalnya, dalam komunikasi antarpersona. Dalam komunikasi ini umpan balik langsung dilakukan, tetapi komunikasi yang dilakukan lewat surat kabar tidak bisa langsung dilakukan alias tertunda (delayed).
Dengan
demikian, media massa adalah alat-alat dalam komunikasi yang bisa menyebarkan
pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen. Kelebihan
media massa dibanding dengan jenis komunikasi lain adalah ia bisa mengatasi
hambatan ruang dan waktu. Bahkan media massa mampu menyebarkan pesan hampir
seketika pada waktu yang tak terbatas.
Alexis
S. Tan pada tahun1981 mencoba untuk memberikan sifat khusus yang dipunyai oleh
komunikasi massa dengan membandingkannya dengan interpersonal communication,
kita akan mengetahui apa itu komunikasi masa
Masih
menurut Alexis S. Tan, dalam komunikasi massa itu komunikatornya adalah
organisasi sosial yang mampu memproduksi pesan dan mengirimkannya secara
serempak ke sejumlah orang banyak yang terpisah. Komunikator dalam komunikasi
massa biasanya media massa (surat kabar, majalah atau penerbit buku, stasiun
atau jaringan TV). Media massa tersebut di atas adalah “organisasi sosial”,
sebab individu di dalamnya mempunyai tanggung jawab yang sudah dirumus' kan
seperti dalam sebuah organisasi. Misalnya reporter mencari faktaffakta di
lapangan, sedangkan editor mengeditnya.
Josep
A.devito
Jika
diterjemahkan secara bebas bisa berarti, “Pertama", komunikasi massa
adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa
banyaknya. Ini tidak berarti bahwa khalayak meliputi seluruh penduduk atau
semua orang yang membaca atau semua orang yang menonton televisi, agaknya ini
tidak berarti pula bahwa khalayak itu. besar dan pada umumnya agak sukar untuk
didefinisikan Kedua, komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh
pemancar-pemancar yang audio dan atau visual. Kamu nikasi massa barangkali akan
lebih mudah dan lebih logis bila didefinisikan menurut bentuknya (televisi,
radio, surat kabar, majalah, film, buku, dan pita).
Sementara
itu, menurut Jay Black dan Frederick C. Whitney (1988) disebutkan,
(Komunikasi massa adalah sebuah proses di mana pesan-pesan yang diproduksi
secara massal/tidak sedikit itu disebarkan kepada massa penerima pesan yang
luas, anonim, dan heterogen)”.
Daftar pustaka
Nurudin.2006.Pengantar komunikasi Massa. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Komentar
Posting Komentar